Jumat, 11 Januari 2013

MAKALAH HARDWARE SOFWARE DAN BRAINWARE


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
          Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.

          Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. Banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak. Makalah ini kami susun sangat simpel agar para pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya,

          Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca

1.2     Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
          Kita dapat mengetahui apa sebenarnya perangkat lunak dan keras pada komputer.Kita dapat mengetahui bagian – bagian dari perangkat tersebut. Kita dapat mengetahui fungsi atau kegunaannya.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Hardware

          Hardware yang dalam Bahasa Indonesianya Perangkat Keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.

2. Perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.

3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Berikut contoh dari Hardware yang pernah kita jumpai:
  • CPU (Central Processing Unit)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJC6VZ7dM910IqJO7iPTcNGfL11EEtVOYK1KyUmk2oT1mVF9oElzpPU3DkFsftdsYpLOJzws2B7PPvmuuF8o2A9cf6jwRu3wFISr8gOucf7HNxfB8y4CF5gLd55r5yiRyYg_4uuG4UMbg/s320/ATX-Computer-Case-Chassis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHJds-mSBaM1csoU887bT6JsOTmuMN7hlU7gBN47NEgvShbZfEwEZlNl4E3VoCyjtcPaY-TtZzZH24NNunoN0MKyctkSE4ekvAbhxHwVNQOUA1bQAvnavOG7epBhxbaKoVig2jSoW_0Pk/s320/cpu.jpg
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.Beberapa sirkuit tersebutterdapat Motherboard, Processor, Memory (RAM), Kartu Grafis (VGA Card), Kartu Suara (Sound Card), Harddisk, Floopy Disk Drive, DVD Room, Power Supply, Baterai CMOS, Fan, Heatsink, dll


Monitor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl_Mfd9E9GoDlLdF1T7q4vqRAP0NUCyUfXYKY9uScRdLrFBgVAlvfdaA1tiaJMMj9qxSg2_IoyvcKpE6tfBvUkeoXBjYOn8OsVoSkYFdo9y-vxH_zG1WYXwsB-URqGYVPC0Okqe_XU1do/s320/MONITOR_LED_LG_E1940S.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiABrvdfidzSdHmG3mjypDeEeUKPxaOh_jULT30dbmI1T2xJQNDTqTr8dqSecflLYy77GDb24an2STjgMoJtIEGVDn4JLxlYloaiY62_r5Kd2QJ4lP3frhFnpjje-GiItKb5Dp77vSIGzQ/s320/monitor-led-aoc-1.jpg
Monitor merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. Beberapa komponen yang ada di Monitor antara lain Port USB, HDMI, D-Sub, Audio, dll.
Keyboard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9QQv5VEF3aFnFuUWXkt4MCUciHeTugCnzsBX_cVbfcvnQGRB0ap6bRicwUx85I8iHl_2V8L6I62Vg_Lh41hEZQPkT01tJSFE9OJgrdbhWSKVPbW4e30Ix4NSMbvgcQGBPYlwoqd10ZQg/s320/keyboard.jpg
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol 
Mouse
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6B_O0E_lkAXTEnbIGOrhCfDQdTa_xKJdCZaZgrti1QK_z5sZkA59mr6-dT4a3He2ia1Z_HXTaKS51hOkDeu9zeCk7a135AfYn6Y_zOkr3RMonbIcIKfoOLfYwMkwciOxpQolkpis0CGQ/s200/Microsoft_COM_3000_01.jpg
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data
Print
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxj3_8siH6oR1Ch9D1C0h_ddsi9sCxIyBI3VGzZ5doVeLAj_DifkyforCnAScoY7nCGDDw2us6qgv3XApNlhWX9biGh7utUt4vek2AS0dx1tGR3Hdke_AYLRx_bTLN7FFXEd_RQl37L5w/s320/Epson-l200png.png
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik
Scan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhODnymTrq9aQ16vX_qrtiY_g5azwQCJD8sU6ghfqwUui_ESCe624hllp8gYzo9SGBFlB14PvXDbgv4zniuboQm4PIO5JbnZBsmU7WQ-5hKC7DN2UCA9ZULvLpuzp9B5eQmPR4txTroLkM/s320/scanner1.jpg
 





Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya. Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan gambar
Lospiker
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQ6W8suhyM9_MqNKhfgqeUj71dHtNC4b7DM1M0979qoXU0WhKM9FtJXkfFpwfF_xrSG6Rns1ek5KSBGpij6eikc2oUdAUIsp-xdcUs-4Gzf-AzpRBSm95uBAY6scCl3FzEGsCHP0F9kNE/s320/speaker+genius.jpg
Speaker merupakan salah satu perlalatan output komputer berbentuk kotak atau bulat dengan kemasan unik yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara dari komputer. Agar speaker dapat berfungsi diperlukan hardware berupa sound card (pemroses audio/sound)
Plesdisk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipbCrzaMteF3ySSDekzA8b9wmHutLln_I0637oNyqtfSkmgbV0vTWzPvOdmQe56Ukdrhs2bWH-tKazsTbJpsgsJGlFWcsjxGyBUCNib-O_l94UHRnoFVUtntaXRhlSv3AXnO4tV4oZetc/s320/kingston_datatraveler_101_g2_8gb.jpg

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flashdisk telah menggantikan floppy disk atau bisa disebut dengan Disket yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum Flashdisk adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 Tera Bite (1000 Gb).
2.2       Sofware
Apa itu Software? "Software itu ya Program" atau "Software itu Windows, Microsoft Office, dll.". Semua jawaban itu salah. Software adalah nama lain dari Perangkat Lunak yang artinya sebuah kode program yang disusun sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Pada setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware (penjelasan ada di bawah) dengan hardware tidak memungkinkan yang bisa kita lihat tetapi tidak bisa diraba.

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, Free Software).
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain.



Macam-Macam Software Grafis
Jumlah SOFTWARE dalam dunia grafis jumlahnya banyak sekali, diantara itu, ada 2 SOFTWARE yang sangat familiar dengan masyarakat, yaitu Corel Draw Photoshop. Kami memilih ke dua software tersebut karena memiliki keunggulan tampilan sendiri-sendiri yang unik dan menarik.
CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector/garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol dll.
Adobe Photoshop adalah SOFTWARE pengolah gambar/foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. SOFTWARE ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. Yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel. Saat ini Adobe telah mengeluarkan Adobe Photoshop CS3 yang lebih lengkap dari segi fitur-fiturnya.
reeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris yang berarti bebas atau gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis. Pasti ada Trial-nya.

2.3       Brainware

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3fpv-iNBAfAVWUxbik6OpXvphMERZ4MI0RpGjBRLjafYjiQo2SzRo9B2kU6FlL1za4-fjhWmDe6M5YrvkAw-rmznNuXPU-LgBhZcq6NuU4Rz5RvpAAf7dC4lJfZ4rfSHsUp0K_gPT_74/s320/brainware.jpg
Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan
1.      System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

2.      Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

3.      Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

4.      Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll.

BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
            Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
          Software (perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer.

          Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware


SUMBER DATA

(Diakases pada hari Sabtu pada tanggal 22 Desember 2012)


BISM-2KATA PENGANTAR


          Puji syukur kehadirat Allah SWT dengan rahmat dan karunianya penulis telah dapat menyelesaikan makalah ini  yang berjudul Hardware, Sofware dan Brainware” Selawat beriring salam penulis kirimkan kepada junjungan Alam Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau sekalian.
Dalam penyelesaian penulisa makalah  ini, penulis mendapat bimbingan, arahan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya.
Segala usaha telah dilakukan untuk menyempurnakan makalah  ini. Namun penulis menyadari bahwa dalam makalah   ini mungkin masih ditemukan kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat dijadikan masukan guna perbaikan di masa yang akan datang.

Meureudu,     Desember    2012
Penulis


           Abubakar

Oval: i
 


1 komentar: