BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Komputer
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa
batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat
yang kita buat sendiri.
Atas
dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat
berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. Banyak sekali pembahasan tentang
komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer yang di
jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara
keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
Makalah ini kami susun sangat simpel agar para pembaca mudah mencernanya dan
tidak bosan membacanya,
Kami
selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat dan menyimpang,
karena kami masih dalam proses belajar. Selamat membaca
1.2
Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
Kita
dapat mengetahui apa sebenarnya perangkat lunak dan keras pada komputer.Kita
dapat mengetahui bagian – bagian dari perangkat tersebut. Kita dapat mengetahui
fungsi atau kegunaannya.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Hardware
Hardware yang dalam Bahasa
Indonesianya Perangkat Keras adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan
diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Perangkat Hardware terdiri
atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat masukan (Input
device)
Perangkat masukan berfungsi
untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.
Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan
sebagainya.
2. Perangkat keluaran
(Output device)
perangkat keluaran
dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya
monitor dan printer.
3. Perangkat pengolah data
(Processor)
Perangkat pengolah data
dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat
(CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Berikut contoh dari
Hardware yang pernah kita jumpai:
- CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang
berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan
instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.Beberapa sirkuit
tersebutterdapat Motherboard, Processor, Memory (RAM), Kartu Grafis (VGA Card),
Kartu Suara (Sound Card), Harddisk, Floopy Disk Drive, DVD Room, Power Supply,
Baterai CMOS, Fan, Heatsink, dll
Monitor
Monitor merupakan alat yang
mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
Beberapa komponen yang ada di Monitor antara lain Port USB, HDMI, D-Sub, Audio,
dll.
Keyboard
Keyboard merupakan alat
untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian
huruf, angka, dan tombol
Mouse
Mouse merupakan alat bantu
untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data
Print
Priter merupakan alat yang
memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun
gambar/grafik
Scan
Scanner merupakan suatu alat
yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data
melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital.
Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan
sebagainya. Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu
kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya
menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan
gambar
Lospiker
Speaker merupakan salah satu
perlalatan output komputer berbentuk kotak atau bulat dengan kemasan unik yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara dari komputer. Agar
speaker dapat berfungsi diperlukan hardware berupa sound card (pemroses
audio/sound)
Plesdisk
Flashdisk merupakan tempat
penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan
beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya
kemana-mana, hadirnya flashdisk telah menggantikan floppy disk atau bisa
disebut dengan Disket yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang
portable, kapasitas minimum Flashdisk adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas
maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang
kapasitasnya bisa mencapai 1 Tera Bite (1000 Gb).
2.2 Sofware
Apa
itu Software? "Software itu ya Program" atau "Software
itu Windows, Microsoft Office, dll.". Semua jawaban itu salah.
Software adalah nama lain dari Perangkat
Lunak yang artinya sebuah kode program yang disusun sedemikian rupa
secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Pada setiap sistem komputer
harus terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware
(penjelasan ada di bawah) dengan hardware tidak memungkinkan yang bisa kita
lihat tetapi tidak bisa diraba.
Software
atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi
beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware,
Free Software).
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan
komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software
tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya.
pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk
menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya.
contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan
lain-lain.
Macam-Macam Software Grafis
Jumlah SOFTWARE dalam dunia
grafis jumlahnya banyak sekali, diantara itu, ada 2 SOFTWARE yang sangat
familiar dengan masyarakat, yaitu Corel Draw Photoshop. Kami memilih ke dua
software tersebut karena memiliki keunggulan tampilan sendiri-sendiri yang unik
dan menarik.
CorelDraw diciptakan oleh
Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri
program berbasis vector/garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama
saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya.
CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol
dll.
Adobe Photoshop adalah
SOFTWARE pengolah gambar/foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. SOFTWARE
ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan
titik dengan tingkat kerapatan tertentu. Yang kemudian kita kenal dengan
istilah pixel. Saat ini Adobe telah mengeluarkan Adobe Photoshop CS3 yang lebih
lengkap dari segi fitur-fiturnya.
reeware atau perangkat lunak gratis adalah
perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan
waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya
setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).
Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware
“untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan
memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga
didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya
tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla
News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free
Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak
harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba
perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari
kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan
didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis
pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita
dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk
freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di
mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana
mereka berasal.
Perbedaan
yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata
free dalam bahasa Inggris yang berarti bebas atau gratis. Oleh karena itu, dan
seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama
seperti Freeware tidak harus gratis. Pasti ada Trial-nya.
2.3 Brainware
Brainware adalah setiap
orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan
data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun
software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software
yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Berdasarkan tingkat
pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan
1.
System Analyst
System
Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan,
pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem
yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System
Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan
sistem.
Seorang
system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis,
manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan
analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi
beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam
mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian
permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk
memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system
analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman,
sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan
membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko,
dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam
berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer,
administrator dan profesi sistem lainnya.
2.
Programmer
Programmer
adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak
bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa
dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang
dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
3.
Administrator
Administrator
adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan
program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan
komputer.
4.
Operator
Operator
adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada
atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.
4 tingkatan di atas
merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam
bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi,
Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Hardware dapat bekerja berdasarkan
perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan
dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti
olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai
kegiatan yang telah ditentukan oleh
pemberi perintah.
Software (perangkat lunak, merupakan
program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai
dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang
imengerti oleh komputer.
Brainware termasuk bagian penting dari
sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software,
sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware
SUMBER DATA
(Diakases
pada hari Sabtu pada tanggal 22 Desember 2012)
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT dengan rahmat dan
karunianya penulis telah dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “
Hardware, Sofware dan Brainware” Selawat beriring salam penulis kirimkan kepada
junjungan Alam Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau sekalian.
Dalam penyelesaian penulisa makalah ini, penulis mendapat bimbingan, arahan dan
bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih
yang sebesar-sebesarnya.
Segala usaha telah dilakukan untuk menyempurnakan
makalah ini. Namun penulis menyadari
bahwa dalam makalah ini mungkin masih
ditemukan kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang dapat dijadikan masukan guna perbaikan di masa yang akan
datang.
Meureudu,
Desember 2012
Penulis
Abubakar
keren...
BalasHapusmakasih atas pemberitahuannya